7 Cara Membersihkan Keramik Anti Ribet

Inilah Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Keramik yang Harus Dicoba

Jangan terlalu terburu-buru mengganti keramik atau ubin ketika warnanya sudah kusam. Kenapa? Karena ternyata kita bisa membersihkannya dengan mudah agar ubin kembali bersih dan fresh seperti semula. Bahkan, caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Cara ini cocok juga untuk membersihkan noda dan lainnya. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

 

1. Bersihkan dengan tepung terigu

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan keramik menjadi kusam. Salah satu di antaranya bisa terjadi karena noda minyak. Hal ini sering terjadi pada keramik di dapur karena rentan terciprat oleh noda minyak goreng. Cara membersihkan keramik dapur ini ternyata sangat mudah. Anda bisa menggunakan tepung terigu yang biasa digunakan untuk memasak.

Caranya, taburkan terigu pada keramik yang terpapar minyak, diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan sisa-sisa terigu dan noda menggunakan kain lap.

 

2. Membersihkan keramik dengan menggunakan baking soda

Kandungan zat asam ternyata terbukti dapat mengangkat noda kusam yang biasa menempel pada ubin. Tapi, usahkan untuk tidak memilih zat dengan kandungan asam yang tinggi. Salah satu yang cocok digunakan adalah baking soda. Cara membersihkannya pun mudah, celupkan kain yang basah pada campuran pasta gigi dan baking soda, kemudian gosokan pada keramik.

 

3. Bersihkan keramik rumah dengan sitrun

Ternyata, sitrun bisa kita gunakan juga untuk membersihkan keramik lantai. Caranya sangat mudah, siapkan sitrun lalu buatlah pasta kental menggunakan larutan air dan sitrun. Oleskan campuran tersebut pada seluruh bagian keramik lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih lalu keringkan menggunakan lap. Cara ini cocok untuk menghilangkan noda kusam pada ubin.

 

4. Gunakan pembersih lantai

Cara ini solusi bagi Anda yang ingin instan dalam membersihkan lantai ubin. Produk pembersih lantai bisa kita temukan di berbagai toko atau swalayan. Biasanya, produk pembersih lantai sudah dilengkapi dengan zat-zat khusus untuk merawatnya tetap bersih. Zat yang terkandung bahkan mampu mengusir kuman dan bakteri pada lantai ubin yang kita miliki.

 

5. Membersihkan lantai dengan menggunakan belimbing wuluh

Belimbung wuluh adalah bahan masakan yang biasa dimakan. Ternyata, kandungan yang terdapat di dalamnya bisa digunakan untuk membersihkan ubin di rumah. Belimbing wuluh memiliki kandungan zat asam alami yang tinggi. Kandungan ini mampu melunturkan noda kusam pada ubin di rumah kita. Selain itu, zat asamnya tidak akan merusak bahan pada keramik dinding maupun jenis ubin lainnya.

 

6. Bersihkan lantai ubin dengan Kaporit

Kaporit dikenal sebagai suatu bahan yang mampu menjernihkan air. Tapi ternyata, manfaat lain dari kaporit ini bisa kita gunakan untuk membersihkan ubin lantai kita di rumah. Jika keramik rumah Anda tampak kusam, ambil kaporit lalu taburkan pada keramik. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas menggunakan air bersih. Gosoklah untuk menghilangkan noda membandel pada ubin di rumah.

 

7. Gunakan Cuka untuk ubin lantai yang kusam

Cuka adalah bumbu dapur yang juga memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk membersihkan ubin yang tampak kusam. Caranya adalah, tuangkan cuka secukupnya di atas keramik yang bernoda atau kusam. Diamkan 15 menit lalu gosok menggunakan kain kering. Setelah itu, lanjutkan membersihkan ubin dengan pembersih lantai.

Itulah cara paling mudah dan cepat membersihkan keramik di rumah Anda. Ketika ubin tampak kusam, ambil salah satu bahan di atas, lalu bersihkanlah. Dengan demikian Anda tidak perlu terburu-buru menggantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *