Cara Mudah Merawat Paving Block Agar Tidak Ditumbuhi Rumput

Pavling Block Ditumbuhi Rumput? Begini Cara Mencegahnya!

Apakah paving block Anda ditumbuhi rumput liar? Namun, Anda bingung bagaimana cara mengatasinya? Jangan panik, sebab ada banyak cara mudah untuk mencegahnya. Lagi pula, masalah ini merupakan masalah klasik yang kerap dihadapi pengguna paving blok.

Umumnya, rumput liar tumbuh di celah antara paving stone. Meskipun tidak mengganggu, hal ini dapat mengurangi kenyamanan pengguna. Tampilan pun menjadi kurang rapi dan indah. Bahkan, beberapa kasus membuat paving rusak atau retak karena desakan rumput liar dari balik batu.

Tentunya Anda tak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Jika iya, maka Anda perlu melakukan sejumlah hal untuk mencegah tumbuhnya rumput liar.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut uraiannya.

1. Gunakan Koran

Lakukan pembersihan rumput seperti biasa. Anda dapat mencabuti rumput secara manual ataupun memangkasnya menggunakan alat. Setelah bersih, segera tutup rumput liar yang melekat di pavling block dengan koran.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah pertumbuhan rumput dan membuatnya mati. Setelahnya, tambahkan batuan atau pavers. Dijamin, rumput liar tidak akan tumbuh lagi di celah paving blok halaman Anda.

 

2. Gunakan Plastik Hitam

Tak banyak yang tahu bahwa plastik hitam dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan paving blok. Anda hanya perlu menutupi rumput dengan plastik dan letakkan sejumlah batu di atasnya.

Cara tersebut dapat menghalangi tanaman memperoleh cahaya matahari sekaligus mencegah terjadinya proses fotosintesis. Alhasil, rumput pun akan mati dengan sendirinya.

 

3. Gunakan Tumpukan Jerami

Terkadang, pemasangan paving block yang kurang tepat pun dapat menimbulkan tumbuhnya tanaman liar di celah antar paving. Untuk membasmi rumput liar, gunakan tumpukan jerami. Anda pun dapat menggunakan sisa gergaji atau daun kering yang dibiarkan setengah membusuk.

Taburkan di atas permukaan paving block yang ditumbuhi rumput liar. Ratakan hingga menutupi seluruh bagian rumput. Usahakan tanpa cela sedikit pun. Cara ini dapat menghalangi sinar matahari dan mengurangi kelembapan udara.

Lambat laun, rumput liar pun akan mati secara perlahan. Diamkan beberapa hari dan tampilan paving blok Anda pun kembali cantik.

 

4. Gunakan Cairan Pembasmi Rumput

Satu lagi cara yang dapat Anda coba, yakni menggunakan cairan pembasmi rumput. Gunakan cara ini jika ketiga cara di atas tidak berhasil. Pilih cairan pembasmi rumput yang aman kemudian semprot di sekitar area yang ditumbuhi rumput liar.

Cairan ini akan membuat rumput liar mati dengan mudah. Namun, sebaiknya untuk membatasi penggunaan cairan pembasmi rumput. Terlebih jika Anda memiliki taman kecil di sekitar paving blok. Ingat, cairan pembasmi rumput bisa menyebabkan tanaman Anda layu dan mati.

 

Cara Merawat Paving Blok Dari Lumut

Selain masalah rumput liar, paving blok pun rentan terkena lumut. Selain membuat tampilan kurang indah, lumut dapat menyebabkan Anda terpeleset. Sangat berbahaya. Namun, tak perlu khawatir karena ada cara mudah membasmi lumut pada paving blok.

Adapun caranya, antara lain sebagai berikut.

  1. Taburkan semen di atas permukaan paving blok yang ditumbuhi lumut. Basahi dengan air secukupnya. Gosok secara perlahan. Lambat laun lumut akan hilang dengan sendirinya.
  2. Jika dana Anda terbatas, gunakan kapur bangunan. Basahi paving kemudian taburi kapur bangunan. Lumut pun lenyap tak bersisa.
  3. Gunakan semprotan fungisida bila lumut menggerogoti sebagian besar paving blok Anda. Cairan ini dapat melenyapkan lumut dengan mudah hanya dalam hitungan menit.
  4. Pastikan paving blok disusun dengan benar dan terhindar dari genangan air.

Demikianlah informasi mengenai cara membasmi rumput liar dan lumut pada paving block. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *