Inilah Alat Yang Wajib Disediakan Untuk Memasang Plafon

Setiap keluarga pasti ada keinginan untuk mempunyai sebuah rumah impian yang nyaman dan cantik. Ketika suatu saat anda ingin membangun sebuah rumah sudah pasti anda memerlukan perencanaan yang matang dan terinci, baik itu memilih tema interior rumah ataupun tema keseluruhan bangunan. Bagian rumah yang juga tidak kalah penting yang perlu anda pertimbangkan dan perhatikan adalah memilih plafon rumah. Setelah anda menemukan disain atau jenis plafon baik itu gypsum atau akustik maka langkah selanjutnya adalah anda harus menentukan biaya jasa pasang plafon akustik murah. Jika mungkin anggaran anda minim maka langkah paling tepat adalah mencoba memasang plafon sendiri. Sebenarnya untuk memasang plafon tidaklah sulit. Anda pun dapat memasangnya sendiri di rumah dengan bantuan rekan atau saudara anda. Sebelum anda mulai memasang plafon alangkah baiknya anda harus menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk memasang plafon.

Alat yang Perlu Disiapkan Untuk Memasang Plafon

  • Meteran

Meteran ini kegunaannya sebagai alat untuk mengukuran plafon supaya sesuai dengan ruangan yang akan dipasang plafon. Alat ini panjangnya mencapai 50 meter. Fungsi utama dari meteran itu sendiri sama persis seperti penggaris, namun meteran bangunan ini mempunyai ukuran yang lebih panjang serta bahannya pun terbuat dari bahan yang lentur daripada penggaris. Tujuannya supaya meteran dapat digulung dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

  • Satu set bor

Alat ini digunakan untuk pemasangan plafon gypsum dengan menggunakan rangka dari hollow. Jika bor tidak ada, maka plafonpun tidak bisa terpasang. Karena pemasangan plafon itu sendiri menggunakan sekrup, tanpa bor sekrup tidak dapat menempel atau terpasang pada keempat sudut plafon.

  • Gergaji

Sebetulnya gergaji ini akan jarang sekali digunakan. Penggunaannya hanya di awal saja yaitu untuk pemotongan list gypsum. Walaupun gergaji tersebut jarang digunakan tetapi alat ini harus tetap harus sedia. Jika rangka dari plafon mengunakan kayu, maka gergaji akan sangat berguna dan wajib ada tentunya.

  • Watter pass selang

Mungkin sebagian dari kita belum pernah tahu tentang alat yang satu ini. Watter pass selang berfungsi untuk mengukur kerataan plafon pada setiap bidang dinding. Tanpa alat ini mungkin pemasangan plafon tidak akan rapi dan simetris.

  • Palu

Hampir pada setiap pekerjaan, palu adalah salah satu alat yang wajib disediakan. Palu ini gunanya ketika membuat rangka gantung plafon.

  • Scrap Plastik dan Scrap besi

Sudah taukah anda alat yang satu ini? Scrap merupakan alat yang digunakan untuk mendempul sambungan papan gypsum yang sudah di pasang di atas, tujuannya supaya sambungan-sambungan tersebut rapi, semakin tidak terlihat sambungannya maka semakin baik. Scrap itu sendiri banyak macam dan  jenisnya : ada scrap plastik, scrap besi dan masih ada lagi. Namun yang perlu anda pakai adalah scrap yang berbahan plastik dan besi.

  • Kuas tangan dan kuas roll

Melihat alat ini mungkin sudah tidak asing. Bahkan mungkin anda sudah sangat sering memakainya untuk pengecatan dinding atau lemari anda. Pada pemasangan plafon fungsi kuas ini untuk pengecatan tentunya setelah proses pendempulan plafon selesai. Anda dapat menentukan warna catnya sesuai dengan tema desain anda.

Inilah macam-macam alat yang harus anda persiapkan ketika anda akan memasang plafon baik jenis gypsum maupun plafon grc. Jangan sampai ada yang terlewat supaya proses pemasangan plafon di rumah anda dapat berjalan lancar dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *