Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Plafon Gypsum, Pilihan Plafon Masa Kini

Ada berbagai macam jenis plafon yang sering digunakan seperti plafon dari kayu hingga plafon gypsum. Mungkin rumah Anda merupakan salah satu dari bangunan yang menggunakan gypsum. Gypsum sebenarnya menjadi terobosan menarik sebagai pengganti panel plafon. Dulunya, panel yang digunakan berasal dari bahan bebatuan. Jenis ini bahkan sudah digunakan zaman dulu oleh orang-orang dari Mesir.

 

Model Gypsum Plafon

Ada berbagai macam model plafon gypsum, antara lain:

1. Plafon dengan penerangan indirect

Apakah hunian Anda memiliki gaya modern serta berukuran minimalis? Jika demikian, Anda bisa menggunakan plafon dengan gaya indirect. Plafond ini menggunakan sumber cahaya yang disembunyikan di plafon atau dinding. Penerangan ini akan membuat ruangan menjadi terkesan nyaman dan hangat.

 

2. Model melengkung

Siapa bilang jika plafon rumah harus memiliki bentuk yang rata?  Salah satu bentuk plafon gypsum minimalis malah memiliki bentuk melengkung. Bentuk ini seperti kubah. Untuk dekorasi, Anda dapat memberikan tambahan lengkungannya.

 

3. Datar dengan aksen

Jika Anda lebih menginginkan plafon yang datar-datar saja, namun tidak monoton, salah satu pilihannya adalah menggunakan aksen. Anda bisa menggunakan ukiran yang menarik di bagian list gypsum.

 

Kelebihan Plafond dari Gypsum

Ada berbagai macam kelebihan yang ditawarkan oleh plafon dari gypsum ini, seperti:

  • Proses pemasangan yang relatif cepat

Pemasangan gypsum tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk mereka yang sudah berpengalaman, proses pemasangan ini hanya membutuhkan waktu selama beberapa hari saja,

  • Perawatan yang relatif mudah

Perawatan gypsum pada dasarnya mudah, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Saat terjadi kerusakan, Anda tak perlu mengganti semua plafon, namun hanya perlu mengganti satu dua bagian yang rusak,

  • Memiliki desain yang beragam

Bahan gypsum memiliki desain yang begitu banyak bahkan beragam. Anda bisa membuat desain plafon yang melengkung, hingga bertingkat dengan menggunakan gypsum. Pembuatan desain ini juga membutuhkan waktu yang relatif singkat.

  • Mempunyai berbagai motif dan asesoris

Gypsum memiliki berbagai motif dan corak yang menarik, kita bahkan dapat menyesuaikan motif gypsum dengan warna cat rumah.

  • Harga terjangkau

Sebagai pembeli, tentu saja kita menginginkan material yang memiliki harga murah. Gypsum memiliki harga yang sangat terjangkau, bahkan jika kita membandingkan dengan jenis material lain, gypsum menawarkan harga yang cukup murah.

 

Kekurangan Bahan Gypsum

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun material ini tidak terlepas dari kekurangan. Ada berbagai kekurangan yang dimiliki oleh bahan ini, seperti:

1. Tidak tahan air

Meskipun berbalut kelebihan, sayangnya plafond dari gypsum tidak tahan pada zat cair atau air. Sehingga, saat musim hujan melanda, Anda harus berhati-hati dan memastikan tidak ada kebocoran yang terjadi pada atap rumah. Pastikan Anda sudah menggunakan cat pelapis anti bocor.

 

2. Tak tahan pada benturan

Selain tidak tahan air, gypsum juga tidak bisa bertahan terhadap benturan, oleh sebab itu, saat proses pemasangan, pemasangan harus dilakukan dengan berhati-hati, sehingga gypsum tidak mengalami kerusakan.

 

3. Pemasangan harus dilakukan oleh orang yang profesional

Tidak sembarang orang dapat memasang gypsum. Pemasangan material ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli di bidangnya.

Pada dasarnya, setiap material pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk mengatasi kekurangan gypsum ini, Anda menggunakan cat pelapis agar tidak bocor, hingga menggunakan tenaga ahli di bidang pemasangan plafon gypsum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *