Mencegah Terjadinya Masalah Korsleting Listrik di Rumah yang Bisa Berakibat Fatal

Korsleting Listrik di Rumah

Anda pasti pernah mendengar istilah korsleting listrik. Akibat dari masalah korseling listrik cukup beragam. Mulai dari kerusakan alat listrik serta komponen mekanikal elektrikal, pemadaman listrik lokal, hingga bencana kebakaran yang dapat menimbulkan banyak kerugian baik materil bahkan korban jiwa. Apalagi, jika sampai korsleting tersebut terjadi pada saat rumah kosong atau sedang ditinggalkan. Tidak terbayangkan bagaimana akibat yang dapat ditimbulkannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk dilakukan antisipasi untuk mencegah munculnya masalah korsleting listrik rumah. Sebaiknya hal-hal ini diperhatikan agar kondisi kelistrikan di rumah Anda tetap berfungsi optimal.

Gunakan MCB dan ELCB yang Memenuhi Standar

Listrik merupakan bagian penting untuk fungsional bangunan. Selain banyak manfaatnya, juga bisa membahayakan jika proses instalasi dan komponennya tidak memenuhi standar. Maka pastikan Anda telah memilih jasa kontraktor listrik terpercaya yang tidak menggunakan komponen KW saat menginstalasi listrik di rumah Anda.

MCB adalah alat yang berfungsi mencegah korsleting dan memutus daya listrik saat korsleting terjadi. Sementara ELCB bermanfaat untuk mencegah kebocoran arus listrik. Pastikan kedua tidak ada komponen listrik yang merupakan barang palsu atau di bawah standar. Umumnya barang KW mengurangi beberapa komponen. Padahal, semua komponen dalam barang kelistrikan merupakan bagian yang penting dan tidak boleh diabaikan.

Selalu Minta Bantuan Ahli Listrik

Jika Anda menemukan masalah pada peralatan dan komponen listrik di rumah Anda, maka hubungi pihak-pihak yang ahli di bidangnya. Gunakan jasa instalator yang terakreditasi untuk mengatasi masalah di rumah Anda. Jangan coba-coba mengotak-atik MCB atau komponen listrik lainnya yang tidak Anda kuasai. Karena hal itu bisa membahayakan diri Anda dan juga orang-orang di sekitar Anda.

Hindari Hal-hal Yang Beresiko

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek, serta penyebab korsleting berakibat fatal hingga terjadi kebakaran.

  • Pertama, hindarilah menumpuk stop kontak yang terhubung pada satu sumber listrik yang sama.
  • Kedua, gunakan penutup stop kontak dan larang anak-anak untuk bermain-main dengan stop kontak atau peralatan mekanikal elektrikal lainnya.
  • Ketiga, cek selalu kondisi colokan listrik, jika sudah mulai menghitam maka harus segera diganti. Demikian juga apabila menemukan kabel yang rusak karena digigit tikus dan sebagainya. Segera perbaiki sebelum berakibat fatal.
  • Keempat, hindari peletakan tanaman hias atau tumbuhan lainnya di dekat kabel atau komponen listrik. Karena pada saat terjadi percikan arus pendek, pohon dan tumbuhan lainnya dapat dengan mudah tersambar dan menimbulkan api.

Lakukan Pengecekan Rutin

Melakukan pengecekan rutin kondisi instalasi kelistrikan di rumah Anda sangatlah penting. Setidaknya lima tahun sekali hal ini harus dilakukan. Apalagi, jika di rumah Anda kerap dikunjungi hama pengerat seperti tikus. Mungkin saja, tikus sudah merusak beberap kabel listrik yang tersembunyi. Maka sebaiknya segera hubungi kontraktor listrik untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh pada jaringan instalasi listrik di rumah Anda.

Baca juga: Intip Inspirasi Rak Piring Hemat Ruangan dan Fungsional Ini!

Bagaimana pun, jangan pernah meremehkan masalah kecil yang terjadi pada kelistrikan di rumah. Karena, hal kecil tersebut mungkin akan bisa menjadi sumber masalah besar di kemudian hari. Segera bertindak pada saat terjadi hal-hal yang tidak biasa, seperti lampu sering berkedip-kedip, atau Anda menemukan beberapa colokan yang sudah tidak berfungsi. atau mungkin sempat terkena sambaran petir. Perbaiki semua kerusakan dengan segera. Dengan bertindak dengan sigap, Anda tidak saja melindungi harta dan rumah Anda, tapi juga jiwa orang-orang tercinta di sekeliling Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *