Mudah! Lakukan Cara ini untuk Meminimalisir Risiko Jendela Alumunium yang Penyok

 

Jendela Alumunium

Jendela menjadi bagian rumah yang tidak bisa dihilangkan kederadaannya. Jendela ini dibuat karena mempunyai peranan yang cukup penting dalam masalah sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan secara alami. Dalam pemasangannya, jendela ini dipasangi frame untuk melindungi kaca dan sebagai bingkainya. Salah satu jenisnya adalah jendela alumunium. Namun, jenis ini seringkali mengalami penyok atau permukaan yang cekung, lantas, bagaimana cara meminimalisir penyok tersebut?

Cegah Penyok Sebelum Pemasangan

Sebelum rangka jendela yang terbuat dari alumunium ini dipasangkan, pasti akan mengalami fase penyimpanan terlebih dahulu. Saat menyimpan jendel tersebut, simpanlah dengan baik dan hindarkan beberapa hal yang bisa membuatnya penyok. Seperti terjatuh, atau bisa juga karena terbentur dengan benda lain. Lebih baik simpan di tempat dasar yang terhindar dari jendela jatuh, dan simpan di ruangan yang kosong.

Selain itu, hindari penyimpanan barang lain atau menumpuk barang lain di atas jendela berbahan alumunium. Biasanya, ketika hal tersebut, beban yang ditanggung oleh alumunium jadi semakin besar. Jika melebihai kapasitas daya bebannya, maka alumunium akan mencekung ke bagian dalam yang tidak lain adalah penyok.

Lakukan dengan Hati-hati Saat Pemasangan

Tak hanya pada saat penyimpanan, pada saat pemasangan pun harus dilakukan dengan hati-hati. Berbeda dengan rangka kayu, yang dalam pemasangannya bisa menggunakan media apapun agar menempel dengan dinding atau agar kekuatannya tahan sehingga tidak jatuh. Jika rangka kayu bisa menggunakan paku, maka jendela alumunium harus menghindari pemasangan dengan paku.

Jendela Kusen Alumunium

Memasangkan jendela berbahan alumunium dengan paku hanya akan membuat permukaannya malah jadi penyok dan tidak rata. Sebaiknya, Anda gunakan skrup untuk proses pemasangan dan penempelan pada dinding. Nantinya, kusen atau rangka jendela akan dilubangi oleh alat khusus untuk memasukkan si skrup tadi. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terburu-buru agar alat atau mesin pelubang tidak merusak bagian lainnya.

Atasi Penyok dengan Hair Dryer

Jika penyok sudah terlanjur terjadi pada rangka jendela berbahan alumunium, lantas apa yang perlu dilakukan? Permukaan alumunium yang penyok tentu akan dilihat kurang indah saat dipandang. Meskipun harga kusen alumunium ini tidak terlalu mahal, tapi Anda jangan buru-buru mengantinya saat ada penyok.

Coba minimalisir penyok tersebut dengan melakukan hal-hal sederhana. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer. Apakah bisa? Banyak masyarakat yang sudah melakukan hal tersebut, dan penyok pada alumunium jadi berkurang. Terlebih jika penyok tidak terlalu parah. Panas dari hair dryer ini bisa mengembalikan  permukaan alumunium yang cekung ke bawah sehingga jadi lebih rata.

Dalam percobaan pun lakukan sambil Anda menarik perlahan bagian cekungan tersebut agar permukaannya rata dengan sempurna. Ketika panas berlebih mengenai logam yang satu ini, maka sifatnya akan lebih lentur sehingga mudah dalam dibentuk. Namun, hati-hati juga dalam percobaannya agar tidak mengenai tangan. Setelah beres, karena bisa menimbulkan perbedaan warna, lakukan pengecetan atau pewarnaan ulang.

Tutup dengan Alumunium Foil

Selain mengembalikan penyok dengan hair dryer, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk meminimalisirnya. Cara ini adalah dengan menutup bagian rangka jendela yang penyok dengan alumunium foil. Biasanya material ini digunakan untuk mengatasi lubang pada alumunium, termasuk pada alat masak seperti panci. Namun, tidak ada salahnya Anda menggunakan cara tersebut untuk meminimalisir penyok rangka jendela.

Nah, itu dia beberapa cara mudah untuk meminimalisir jendela alumunium yang penyok. Mudah bukan? dengan begitu, Anda tidak harus langsung menggantinya dengan yang baru. Yang paling penting, cegah jendela Anda dari benturan agar penyok pun tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *